Terkini
Bagi Temen-temen Alumni SMAN Karangpandan ditunggu Kabar & Infonya, Siapa Tahu Ada Yang Bermanfaat Buat Adik-adik Kita di SMAN Karangpandan......

Koleksi Batu Akik Yang Banyak Dicari Kolektor?

Advertisement

Begitu beragamnya jenis batuan yang ada di Indonesia terutama batuan mulia dalam hal ini batu akik, kini menjadi buruan para kolektor baik domestik dan mancanegara. Indonesia yang terkenal dengan sumber kekayaan alamnya, memiliki potensi yang sangat tinggi dalam hal batu akikini.

Berikut jenis-jenis batu akik yang paling banyak diburu para kolektor:     

1. Batu Bacan

Batu akik yang berasal dari pulau Kasiruta, Halmahera, Maluku Utara. Batu ini sangat diminati bahkan sampai kolektor mancanegara pun juga ikut berburu batu ini. Banyak kelebihan yang dimiliki batu akik jenis ini, salah satunya adalah batu ini bisa bermetamorfosa secara alami. Ada 2 jenis Batu Bacan yang paling populer yaitu jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.


2. Batu Akik Kalsedon   


Batu ini memiliki berbagai warna mulai merah, kuning, biru, hijau, hingga jingga. Batu ini mempunyai ciri seperti diselimuti kabut transparan dan menambah keeksotisannya. Batu jenis ini banyak dihasilkan di Pulau Obi, Maluku, Jawa Barat, Baturaja, dan Pacitan, Jawa Timur. Jenis kalsedon yang saat ini naik daun adalah rafflesia dari Bengkulu.

3. Batu Akik Kalimaya


Batu ini memiliki ciri spesifik yang mampu memancarkan warna semacam berlian dan menjadikan batu ini termasuk buruan nomor satu bagi para kolektor. Jenis batu akik ini sering disebut dengan opal. Batu akik ini bisa ditemukan di negara India, Meksiko, Australia, dan Mesir. Sedangkan di Indonesia, batu ini bisa kalian cari di daerah Banten. 

4. Batu Akik Safir
·       Batu akik seperti ini tergolong mahal dan mempunyai segmen pasar tersendiri. Tergolong jenis batu yang mahal tapi pantas untuk keelokan batu akik iniSelain dari jenis warna yang begitu dikagumi, batu akik jenis ini juga dianggap memiliki khasiat bisa menenangkan jiwa atau pikiran yang sedang kalut. Sehingga semakin meningkatkan harga dari batu akik jenis safir itu sendiri.

·         5. Jenis Batu Akik Topaz


·         Jenis batu akik yang juga menjadi primadona di kalangan pecinta batu mulia. Batu akik topaz memiliki pilihan warna jingga, kuning dan juga kemerahan. Jenis batu ini bisa ditemukan di negara Brazil, Srilanka, Meksiko juga di negara Rusia. Bagi yang percaya akan khasiat dari batu akik, batu jenis ini bisa mengurangi depresi bagi penggunanya.


   6. Batu Akik Sungai Dareh

     Batu akik yang berasal dari Sumatera Barat ini juga pernah dikenakan oleh para pemimpin negara. Salah satunya adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Barrack Obama pun diperkirakan juga memakai baju akik ini. Hal ini semakin menjadikan batu ini sangat mahal dan berkelas
 
    7. Batu Akik Zamrud
 
     Batu dengan warna khas hijau ini juga sangat dikenal dikalangan pecinta batu akik. Jenis batu ini sudah dikenal sejak ribuan tahun digunakan sebagai batu perhiasan. Batu Zamrud memiliki tingkat kekerasan yang sama dengan Batu Bacan yaitu 7.5 skala mohs. Batu Zamrud sangat dihargai dan dimuliakan pada zaman kerajaan karena dianggap sebagai lambang kemakmuran juga kedamaian. Jadi pantas rasanya jika batu ini dihargai sangat mahal.


8. Batu Akik Bermotif atau Bergambar

·        

 
Batu ini memiliki keistimewaan karena punya wujud atau motif gambar yang terukir secara alami. Ada batu akik yang punya gambar menyerupai ayam, tokoh, atau pemandangan. Jangan heran, semakin unik gambar dalam batu akik ini, harga jualnya juga akan ikut terdongkrak. Batu gambar atau agate banyak ditemukan di Pacitan (Jawa Timur), Garut (Jawa Barat), dan Nusakambangan. Diyakini masih banyak lagi daerah penghasil batu gambar di Indonesia yang belum terkuak. Tetapi yang pasti, batu jenis ini tak akan lekang oleh zaman.

(diolah dari berbagai sumber)


No comments:

Post a Comment

Profil Alumni

Kabar-kabar

Ngobrol

Karir

Beasiswa

Hobby

Designed By Published.. Blogger Templates
SMANSKRPD