Terkini
Bagi Temen-temen Alumni SMAN Karangpandan ditunggu Kabar & Infonya, Siapa Tahu Ada Yang Bermanfaat Buat Adik-adik Kita di SMAN Karangpandan......

Beasiswa dari BCA (PPA, PPTI, Beasiswa Bakti BCA dan Program Magang BCA)

Advertisement
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) adalah bank swasta terbesar di Indonesia. Bank ini didirikan pada 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV dan pernah menjadi bagian penting dari Salim Group. Sekarang bank ini dimiliki oleh salah satu grup perusahaan rokok terbesar di dunia ( Djarum).

Banyak hal telah dilalui sejak saat berdirinya itu, dan barangkali yang paling signifikan adalah krisis moneter yang terjadi pada tahun 1997. Akibatnya, bank terpaksa meminta bantuan dari pemerintah Indonesia. Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) lalu mengambil alih BCA pada tahun 1998.

Berkat kebijaksanaan bisnis dan pengambilan keputusan yang arif, BCA berhasil pulih kembali dalam tahun yang sama. Di bulan Desember 1998, dana pihak ke tiga telah kembali ke tingkat sebelum krisis. Kepercayaan masyarakat pada BCA telah sepenuhnya pulih, dan BCA diserahkan oleh BPPN ke Bank Indonesia pada tahun 2000.

Selanjutnya, BCA mengambil langkah besar dengan menjadi perusahaan publik. Penawaran Saham Perdana berlangsung pada tahun 2000, dengan menjual saham sebesar 22,55% yang berasal dari divestasi BPPN. Demikian sekilas tentang sejarah Bank BCA yang hingga sekarang jadi Salah satu Bank Swasta terbesar di Indonesia (dari Wikipedia)

Point selanjutnya yaitu peran dari BCA selain dibidang perbankan yaitu di bidang Pendidikan, berikut ini program-program tersebut :
1. PPA Non Gelar
2. PPTI Non Gelar
3. Beasiswa Bakti BCA
4. Program Magang BCA


1.Program Pendidikan Akuntansi (PPA) Non Gelar

Program pendidikan non gelar ini ditujukan kepada lulusan SMA atau sederajat yang memiliki prestasi akademik namun memiliki kendala finansial.Para siswa mendapatkan pembekalan soft skill, seperti leadership, team work, pembentukan karakter, grooming, dan financial planning.

Selama pendidikan, peserta tidak dipungut biaya. Bahkan bahkan para siswa mendapatkan uang saku dan fasilitas berupa buku-buku pelajaran serta pemeriksaan kesehatan sesuai kebijakan perusahaan.Program yang diluncurkan sejak 1996 ini didukung oleh staf pengajar berkualitas dari para profesional dan dosen dari universitas terkemuka di Indonesia.

Program PPA Non Gelar berlangsung selama 30 bulan dan menggunakan sistem gugur dengan standar kelulusan yang ketat. Selain kegiatan di kelas, siswa juga mengikuti on the job training di lingkungan BCA. Selanjutnya, para peserta juga diberikan kesempatan bekerja di BCA tanpa ikatan dinas selepas menyelesaikan program tersebut.

Per akhir 2015, peserta program PPA mencapai 387 orang. Sebanyak 126 orang berhasil menyelesaikan program ini, dan 125 di antaranya memilih bergabung dengan BCA sebagai karyawan permanen.
2. Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI) Non Gelar

BCA membuka program PPTI untuk mengimbangi peningkatan kebutuhan SDM dan perkembangan Teknologi Informatika (TI) di industri perbankan. Program pendidikan non gelar ini ditujukan kepada lulusan SMA atau sederajat yang memiliki prestasi akademik namun memiliki kendala finansial.

Secara umum, materi yang diberikan program ini setara dengan materi S1 Teknik Informatika, namun diperkaya dengan beberapa materi pengembangan diri. Program PPTI Non Gelar berlangsung selama 30 bulan dan menggunakan sistem gugur dengan standar kelulusan yang ketat. Para peserta program ini tidak dipungut biaya, bahkan mereka mendapatkan uang saku dan fasilitas berupa buku-buku pelajaran serta pemeriksaan kesehatan sesuai kebijakan perusahaan.

Selain kegiatan di kelas, siswa juga berkesempatan magang di unit kerja Kantor Pusat BCA. Selanjutnya, setelah peserta menyelesaikan program ini, BCA akan memberikan penawaran kepada mereka untuk  bekerja sebagai karyawan BCA, apabila perusahaan membutuhkan. Per akhir 2015, peserta program PPTI tercatat 91 orang.

Persyaratan PPA/PPTI :
  • Warga negara Indonesia;
  • Lulusan SMA/SMK atau siswa/siswi SMA/SMK kelas III;
  • Usia maksimum 20 tahun ;
  • Rata-rata nilai rapor kelas I s/d III minimal 7,50;
  • Rata-rata nilai Matematika (SMA IPA,IPS) atau Nilai Produktif (khusus SMK) minimal 7,50 untuk PPA
  • Rata-rata nilai Matematika (SMA IPA dan SMK Teknik yang berkaitan dengan teknologi informasi) atau Nilai Produktif (SMK Teknik yang berkaitan dengan teknologi informasi) minimal 7,50 untuk PPTI
  • Tidak pernah tinggal kelas dari SD-SMA/SMK;
  • Tidak pernah terlibat narkoba dan pelanggaran hukum lainnya;
  •  Lulus dalam proses seleksi.
Pendaftaran:
Bagi Anda lulusan SMA atau sederajat yang berminat mengikuti program PPA dan PPTI BCA periode 2017 bisa melakukan pendaftaran secara online melalui formulir berikut:

Formulir PPA Non Gelar
Formulir PPTI Non Gelar

Untuk Program PPA Non Gelar BCA bekerjasama denga Universitas Trisakti sedangkan untuk PPTI Non Gelar BCA bekertasama dengan Universitas Bina Nusantara.
 
Pendaftaran online per kota akan ditutup selambat-lambatnya 2 minggu sebelum kegiatan psikotes dilakukan. Silakan lihat jadwalnya di bawah. Pengumuman hasil kelulusan bisa dilihat melalui laman karir.bca.co.id/informasi

Jadwal Psikotes Program PPA/PPTI BCA periode 2017:


 
 
3. Beasiswa Bakti BCA

Sejak tahun 1999, kami menjalankan program Beasiswa Bakti BCA.Kami bekerja sama dengan 14 PTN di Indonesia untuk menjaring mahasiswa S1 berprestasi namun terkendala finansial, di antaranya Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Udayana (UD), Universitas Mulawarman (UNMUL), Universitas Hasanuddin (UNHAS).

Beasiswa meliputi uang kuliah (SPP) dan atau bantuan uang saku. Selain itu, para penerima beasiswa juga mendapatkan pengembangan soft skill, seperti pelatihan, seminar, maupun mentoring. Diharapkan program tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar dan membantu mereka menyelesaikan pendidikan.
Pada 2015, kami memberikan beasiswa kepada 481 mahasiswa untuk periode tahun ajaran 2014/2015 dan 468 mahasiswa untuk periode tahun ajaran 2015/2016.
 

4. Program Magang Bakti BCA

Kami memberikan kesempatan bagi lulusan SMA hingga Sarjana untuk mendapatkan pengalaman operasional sebagai Customer Service Officer (CSO) atau teller melalui Program Magang Bakti BCA, selama satu tahun, tanpa ikatan dinas. Program ini sudah kami kembangkan sejak tahun 2002.

Peserta program akan menjalani serangkaian pelatihan, seperti menghitung dan menyortir uang secara aman, mengindentifikasi keaslian mata uang Rupiah, simulasi mini banking, kerahasiaan bank dan sebagainya. Selain itu, para peserta magang juga akan dibekali pelatihan soft skill, seperti motivasi dan perawatan diri.

Para peserta magang dengan kinerja terbaik akan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan.
Per Desember 2015, sebanyak 45.588 orang mengajukan lamaran Program Magang Bakti BCA. Namun, hanya 10.598 orang berhasil lolos seleksi untuk bergabung dalam program tersebut menjadi CSO dan teller.



 web  : http://www.bca.co.id/id/Tentang-BCA/Korporasi/csr/solusi-cerdas-bca atau
           http://karir.bca.co.id/
Email : recruitment@bca.co.id

No comments:

Post a Comment

Profil Alumni

Kabar-kabar

Ngobrol

Karir

Beasiswa

Hobby

Designed By Published.. Blogger Templates
SMANSKRPD