Terkini
Bagi Temen-temen Alumni SMAN Karangpandan ditunggu Kabar & Infonya, Siapa Tahu Ada Yang Bermanfaat Buat Adik-adik Kita di SMAN Karangpandan......

Beasiswa membuka jalan untuk melanjutkan pendidikan

Advertisement
Beasiswa
Beasiswa .... makanan apaan tuh?eh mulai sekarang adik-adik yang masih sekolah harus mencoba memikirkan itu. Sebab banyak diantara kita (alumni) sewaktu sekolah hanya sekedar "menggugurkan kewajiban" saja, agar tidak dibilang ketinggalan jaman atau dibilang pengangguran (padahal tetap saja pengangguran terselubung kan?) bukan dengan kesadaran bahwa sekolah adalah salah satu kendaraan yang kita pakai untuk mengantarkan kita ketempat dimana kita mulai pertarungan hidup yang sesungguhnya yaitu di masyarakat, hidup mandiri mampu memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa harus selalu bergantung dengan orang lain termasuk bergantung dari orang tua kita.   

Kegelisahan akan masa depan biasanya terjadi saat kita akan mengakhiri masa-masa sekolah / kelulusan. Ini berlaku bagi yang memiliki orang tua / keluarga dengan status ekonomi yang standar kebawah. Bagaimana tidak, dengan keterbatasan ekonomi itu untuk memenuhi kebutuhan dasar saja (sandang, pangan & papan) masih "keteteran" apalagi untuk memikirkan masalah pendidikan yang seperti kita tahu biayanya semakin meroket saja dari tahun ke tahun. 

Namun kita harus punya prinsip bahwa tidak ada yang bisa menghentikan keingainan kita kecuali Allah SWT Tuhan Yang Maha Segala, termasuk keinginan untuk terus melanjutkan pendidikan. Ingat "Tuntutlah Ilmu Walau Sampai ke Negeri China", jadi bukankah kita diwajibkan untuk selalu meng-up grade pengetahuan / ilmu kita yang tentu saja untuk kemandirian kita. Nah, untuk membantu keinginan itu ada program yang namanya "beasiswa". Beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan. Pemberian beasiswa dapat dikategorikan pada pemberian cuma-cuma ataupun pemberian dengan ikatan kerja (biasa disebut ikatan dinas) setelah selesainya pendidikan. Lama ikatan dinas ini berbeda-beda, tergantung pada lembaga yang memberikan beasiswa tersebut (Wikipedia)

Sedangkan beasiswa sendiri dapat terdiri dari beberapa jenis :
1. Pemberi Beasiswa :
    a. Beasiswa Pemeritah - BUMN
    b. Beasiswa Swasta
2. Bentuk Beasiswa :
    a. Fellowship
    b. Scholarship
    c. Grants
    d. Awards
3. Lokasi :
    a. Dalam Negeri
    b. Luar Negeri

Mungkin itu dulu yang bisa dibagi ke rekan-rekan saat ini, selanjutnya mungkin akan dishare yang lebih lengkap.




 

No comments:

Post a Comment

Profil Alumni

Kabar-kabar

Ngobrol

Karir

Beasiswa

Hobby

Designed By Published.. Blogger Templates
SMANSKRPD